Wisata Sungai Mahakam Perlu Di Perhatikan Sebagai Destinasi Di Kota Tepian

0 1,459

Kaltimpedia.com, Samarinda – Sektor pariwisata di Kalimantan Timur khususnya Samarinda masih perlu perhatian semua pihak, pasalnya di Samarinda sendiri masih banyak destinasi yang belum populer untuk tujuan wisata.

Samarinda sendiri di kelilingi oleh sungai Mahakam yang merupakan sungai terpanjang dan terluas di tanah Borneo, keberadaan sungai Mahakam di Samarinda sebenarnya bisa menjadi daya tarik tersendiri dan berpotensi mendongkrak sektor lainnya.

Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda Kamaruddin menyebutkan perlu adanya inovasi terbaru untuk menarik wisatawan luar daerah, dirinya juga menyebutkan bahwa Sungai Mahakam sendiri memiliki potensi yang bagus untuk terus dikembangkan.

“Harus ada inovasi untuk menarik wisatawan dari luar Samarinda, apalagi tempat wisata di Samarinda ini masih minim sekali jika dibandingkan kota lainnya di Kaltim, seperti di Berau,” kata Kamaruddin, dikutip dari Antara pada (19/3/2022).

Selain itu Kamarudin menyebutkan untuk mendorong sektor pariwisata di Samarinda perlu perhatian dari semua pihak, karena jika potensi Sungai Mahakam bisa di optimalkan, tidak menutup kemungkinan bisa memberikan kontribusi terhadap pendatapan asli daerah (PAD).

Untuk mengoptimalkan destinasi Sungai Mahakam tidak bisa bebankan ke APBD, akan tetapi Kamarudin menuturkan bahwa hal tersebut bisa di carikan investor untuk mengelolanya, seperti halnya Marimar yang di kelola oleh pihak perusahaan.

“Memang pengembangan Sungai Makaham, tidak bisa dari APBD tapi proyek itu bisa dikerjasamakan ke investor” tambahnya.

Terakhir, dirinya berharap agar Pemkot Samarinda bisa memerhatikan Sungai Mahakam sebagai destinasi wisata menjadi lebih menarik agar Sungai Mahakam bisa menjadi lebih populer di Kalangan Wisatawan, dan berharap setiap tahunnya jumlah wisatawan Samarinda terus bertambah. (Fa) Adv

Leave a comment