Kaltim Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

0 37

Kaltimpedia.com, Samarinda — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Nasional tahun 2021. Penghargaan ini diberikan karena Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di  Provinsi Informatif menduduki peringkat 7 atau dan naik dari tahun sebelumnya berada di peringkat 8. 

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik  diserahkan secara virtual oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof DR KH Ma’ruf Amin kepada gubernur Kaltim, Isran Noor, pada Selasa  (26/10/2021).

“Kita bersyukur naik satu tingkat dari (posisi) delapan ketujuh (secara nasional) dan berkat kerja keras seluruh perangkat daerah dalam melaksanakan keterbukaan informasi,” ujar Isran Noor bangga.

Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik pada 7 kategori Badan Publik yakni Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Lembaga Non-Struktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik. Untuk kategori Pemerintah Provinsi  ada 10 Badan Publik (BP)  yang mendapat kualifikasi Informatif, 11 BP Menuju Informatif, 10 BP Cukup informatif dan 3 BP tidak informatif. 

“Kaltim bisa mempertahankan kualifikasi informatif dan naik satu  peringkat, hal tersebut menunjukkan semakin optimalnya kinerja Pemerintah Provinsi Kaltim dalam upaya menjalankan amanat UU Keterbukaan Informasi Publik,”  jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim, Muhammad Faisal. 

Faisal mengatakan dengan anugerah ini tidak menjadikan pihaknya , tetapi harus terus menjadikan keterbukaan informasi sebagai suatu budaya  bersama. 

“Agar dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, efektif, dan efisien. Lebih dari itu, kita harus lebih menggelorakan budaya keterbukaan informasi publik melalui PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi),” ujarnya.(YA)

Leave a comment