Kuliah Minat Wirausaha, Klinik WPM Kukar Pertama di Indonesia

0 2,309

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hampir dua tahun ini, Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI bersama DPR RI Dapil Kaltim, Hetifah Sjaifudian menggelar kuliah pertumbuhan minat kewirausahaan di kalangan pemuda, bertempat di Hotel Grand Fatma pada Selasa (26/10/2021).

Turut hadir Sekretaris Dispora Kukar, Rakhmadan didampingi Kepala Bidang Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan,  Aji Ali Husni. Adapun peserta berlatar belakang dari pengusaha muda di Kukar yang terdaftar di klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM).

Sekretaris Dispora Kukar, Rakhmadan menuturkan klinik WPM sudah dipersiapkan sejak dua tahun lalu. Adapun programnya yakni Senin Kamis Sharing, wadah konsultasi wirausaha. Saat ini, yang sudah terdaftar di WPM sekitar 1200 wirausaha muda dengan usia mulai dari 15 sampai 30 tahun.

“Klinik WPM satu-satunya ada di Kaltim bahkan di Indonesia. Tentu menjadi kebanggan bagi Kukar,” ungkapnya kepada Kaltimpedia.com.

Menurutnya, Kemenpora RI juga sangat mengapresiasi keberadaan klinik ini. Mudah-mudahan ke depan bisa diprogramkan oleh pemerintah pusat untuk menjadi barometer mewujudkan wirausaha muda. Kegiatan ini didukung  oleh pusat dengan mengalokasikan anggaran lebih besar, bukan hanya dari APBD Kukar.

Secara terpisah, Hetifah menambahkan pemerintah sudah berubah orientasinya, artinya lebih serius memaksimalkan potensi pemuda. Bukan hanya membangun ilmunya tapi juga jiwa wirausahanya.  

Hetifah menjelaskan jika pemerintah tidak ingin membiarkan ekonomi Kukar dinikmati orang-orang luar. Berbagai fasilitas akan diberikan seperti permodalan.

“Saya jamin pasti kegiatan ini akan berkelanjutan karena kita sudah memutuskan anggaran 2022 dan sudah bisa kelihatan trennya. Bahwa program untuk fasilitasi di berbagai kementerian akan tinggi. Tinggal di Kukarnya harus siap. Apalagi sudah ada klinik WPM jadi makin bagus,”  tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment