Komisi III Samarinda Tinjau Langsung TPA Bukit Pinang Yang Sering Warga Keluhkan

0 599

Kaltimpedia.com, Samarinda – Tempat Pembuangan Sampah Akhir di Bukit Pinang Samarinda menjadi perhatian khusus Ketua Komisi III DPRD Samarinda Angkasa Jaya Djoerani.

TPA Bukit Pinang rencananya akan dipindahkan ke Sambutan, akan tetapi dengan berbagai hal, pemindahan tersebut tidak kunjung terealisasi.

Komisi III Samarinda secara langsung meninjau keberadaaan TPA Bukit Pinang Yang Sering Warga Keluhkan akibat polusi udara serta sudah melebihi kapasitas (over capacity) Pada Jumat (18/02/2022).

“Itukan TPA Bukit Pinang sudah over kapasitas, jadi sidak ini harus dilakukan karena pemerintah kota masih melakukan aktifitas di situ dalam pembuangan sampah,” ungkapnya.

Angkasa jaya menilai seharusnya TPA dibukit Pinang segera di pindahkan, sebab sudah banyak warga sekitar yang mengeluhkan keberadaannya.

“Jadi kita minta TPA Bukit Pinang itu harusnya sudah tidak beroperasi, sehingga tinggal dipikirkan bagaimana menanggulanginya sisa sampah disana,” pungkasnya.

Peninjauan tempat pembuangan sampah tak hanya sampai di Bukit Pinang, Angkasa Jaya bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju TPA Sambutan, untuk mengecek kesiapan sebagai pembungan pengganti dari TPA sebelumnya.

Angkasa menilai memang TPA Sambutan saat ini kondisinya belum siap, karena masih banyak aspek-aspek yang belum memenuhi standar sehingga sangat memerlukan perhatian kita semua sebagai pemangku kebijakan.

“Contohnya seperti pengendali jenset juga harus dipenuhi. Ada juga mesin pompa untuk menyedot air yang diakibatkan oleh sampah itu sendiri,” ungkapnya.

Melihat dari berbagai permasalahan yang timbul dimasyarakat Komisi III nantinya kan berkordinasi dengan pihak-pihak terkait agar pemindahan TPA segera terealisasi.

Angkasa Jaya akan berkomitmen akan terus mendorong pemindahan TPA tersebut, sebab sudah banyak warga yang mengeluhkan keberadaan TPA Bukit Pinang. (Fa) Adv

Leave a comment