Wakil Ketua DPRD Kaltim, Samsun Sosialisasikan Perda Bantuan Hukum di Desa Sidomulyo-Anggana

0 745

Kaltimpedia.com, Anggana – Agenda rutin bulanan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim kembali mengadakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) kepada masyarakat, kali ini Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menlaksanakan Sosper di BPU Desa Sidomulyo,Anggana yang merupakan Wilayah Dapil IV Kutai Kartanegara pada Minggu (26/9/21).

Sosper yang di sosialisasikan yaitu tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum no 5 tahun 2019. Samsun ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa pemerintah daerah telah menerbitkan peraturan daerah tentang penyelenggaraan bantuan hukum tersebut.

“Kenapa ini penting untuk masyarakat, karna kita ketahui masyarakat kecil ini untuk akses hukum cukup kesulitan perlu ada peraturan daerah yang mengatur tentang bantuan hukum” ungkap Samsun kepada awak media.

Samsun berpendapat masyarakat kecil selama ini kesulitan dalam proses hukum contoh yang diberikan samsun yaitu untuk menyewa Lawyer (Pengacara) dan sebagainya dalam penyelesaian proses hukum. Perda tentang bantuan hukum tersebut mengatur tentang regulasi bagaimana cara masyarakat mendapat perlindungan hukum yang baik dan maksimal.

Narasumber dan Praktisi Hukum, Roy Hendrayanto menyampaikan bahwa di Kutai Kartanegara sendiri paling banyak perdata yaitu masalah tumpang tindih lahan, menyerobot lahan dan juga masalah utang piutang. Roy juga meminta kepada pihak Eksekutif untuk segera membuat pergub terkait teknis penyelenggaraan bantuan hukum.

“Perda-nya sudah ada, untuk aturan teknisnya perlu ada Pergub yang sampai saat ini belum Keluar” Samsun kader PDI Perjuangan tersebut.

Samsun berharap kepada biro hukum untuk segera menyusun aturan teknis yang mengatur tentang tata cara penyelenggaraan bantuan hukum yang meliputi alokasi anggaran untuk membantu masyarakat dsb.

Samsun juga berharap kepada masyarakat Kutai Kartanegara pada umumnya agar masyarakat melek dengan hukum, masyarakat tidak ditakut-takuti hukum.

“Hukum itu untuk mengancam, tapi hukum itu untuk keadilan rakyat” tutup Samsun. (FB)

Leave a comment