Kasus Covid-19 Melandai, Pemkab Kukar Dorong Pemulihan UMKM

0 1,405

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kutai Kartanegara (Kukar) Tajuddin menyebutkan,  wabah Covid-19 yang melanda di hampir seluruh dunia pada tahun 2020 lalu, berdampak semua dimensi diantaranya sosial, politik maupun ekonomi.

Sehingga masyarakat di Indonesia khususnya Kukar sangat berdampak, terutama di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dimana, sektor ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Sejak Maret 2020 lalu pandemi Covid-19 sangat berdampak khususnya pada pelaku UMKM di Kukar, tapi kami bersyukur saat ini Kukar sudah berada di PPKM level 1, dan sekarang kita prioritaskan mendorong memulihkan kembali sektor UMKM di Kukar, ” ungkap Tajuddin, Selasa (9/11/2021).

Saat ini aktivitas perekonomian lebih longgar, pihaknya mengingatkan para pelaku UMKM supaya tetap menerapkan protokol kesehatan di lingkungan atau tempat usahanya masing-masing.

Dinas Koperasi dan UKM terus berupaya mendorong pemulihan perekonomian yang sebelumnya sempat terjadi hambatan dalam kurung waktu dua tahun terakhir.

Saat ini perekonomian terlihat secara perlahan mulai membaik dibandingkan dengan keadaan pada tahun 2020 lalu. Tanda- tanda itu dapat dilihat dari mulai bangkitnya kembali usaha-usaha kecil milik masyarakat.

“Bahkan kaum milenial di Kukar juga banyak yang merambah ke dunia usaha, ini bisa terlihat dari banyaknya kafe-kafe atau tempat nongkrong yang pemiliknya sebagian besar oleh kaum milenial,” katanya.

Ditambahkan Tajuddin, dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kukar setiap harinya semakin landai, maka di akhir tahun 2021 ini merupakan masa yang sangat penting dalam akselerasi dalam pemulihan ekonomi di Kukar. (Dha/Adv)

Leave a comment